Bawang Putih, Obat Ampuh Atasi 8 Masalah Kesehatan ini



Bawang putih memiliki komponen utama berupa protein, karbohidrat dan lemak. Beberapa kandungan tersebut yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia dan kelangsungan hidupnya. Kandungan kimia lainnya serat dan kalsium dan besi. Termasuk senyawa aktif yang disbut alisin yang memiliki fungsi fisiologis antioksidan, antikanker, antitrombotik, antiradang, penurunan tekanan darah, dan dapat menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

Banyak penelitian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih juga memiliki korelasi terhadap penurunan penyakit kardiovaskular seperti ateroklerosis (penumpukan lemak), jantung koroner dan hipertensi. Ragam kandungan zat gizi yang dimiliki tidak hanya menjadi komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi tinggi tetapi juga memiliki beragam kegunaan yang lain bagi manusia.


Ekstrak bawang ptuih ditemukan mempunyai sifat antibakteri dan antijamur. Komponen antimikroba aktif mayor bawang putih adalah thiosulfinste terutama allicin. Komponen allicin dibentuk ketika sebutir bawang mentah dipotong, dihancurkan dan dikunyah. Pada saat itu enzim allinase dilepaskan dan mengkatalise pembentukan asam sulfenik. Beberapa masalah kesehatan yang dapat di obati dengan bawah adalah.

1.     Bronchitis
Bawang putih 1 siung, jahe 15 gr, mengkudu 3 buah, madu secukupnya, dan air. W=bawng putih, jahe dan mengkudu diblender dengan air secukupnya. Aduk sampai rata kemudian diminum sekaligus. Lakukan secara teratur.

2.     Batuk
Bawang putih 1 siung, belimbing mansi 15 gr, 2 sendok makan madu, air secukupnya. Bawang putih dan belimbing manis diblender secukupnya. Tambahkan 2  sendok madu, aduk rata, lalu minum sekaligus.

3.     Batuk Rejan
Bawang putih 10gr, pegagan segar 30 gr, gula pasir secukupnya, air 500cc. pemakaian: bawangputih dan pegagan direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc kemudian minum selagi hangat.  Lakukan secara teratur 2 kali sehari

4.     Beri-beri
Bawang putih 1 siung, papaya matang 50 gr, anggur 100gr, air secukupnya. Pemakaian: bawang putih, papaya, dan anggur dijus dan tambahkan air secukupnya lalu minum.

5.     Kanker lambung
Bawang putih 20 gr. The hijau secukupnya, gula merah 25 g, air panas 500cc. pemakaian: bawang putih diblender dengan air saringan seduhan teh hijau dan 500cc air panas selama 5 menit, lalu tambahkan gula merah dan minum.

6.     Kanker paru-paru
Jus bawang putih 10-30cc. Minum secara rutin jus bawang putih ini dengan takaran 10-30cc.

7.     Menurunkan kadar kolesterol
Bawang putih 10 gr. Bawang putih dimasak atau dimakan secara langsung. Bisa juga dicampur dengan masakan lain lalu dimakan.

8.     Disentri
Ambil bawang putih 2 siung. Rebus bawang tersebut dengan air secukupnya. Minum sebelum makan sehari 3 kali selama 2 sampai 3 hari.

0 Komentar untuk "Bawang Putih, Obat Ampuh Atasi 8 Masalah Kesehatan ini"

Back To Top